Minggu, 02 Oktober 2011

Bisnis Inteligent

Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan Bussines Inteligent merupakan kegiatan untuk mengumpulkan dan menganalisis data sehingga dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan yang lebih baik agar dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan bisnis.
Secara umum konsep BI dapat digambarkan sebagai berikut :
Dari gambar diatas konsep BI menjelaskan adanya permasalahan dan adanya pemecahan masalah, Bisnis Intelijen atau BI mirip seperti  expert sistem atau sistem pakar karena didalamnya ada sebuah masalah dan ada penyelesain dari masalah tersebut.
Didalam Busines Intelijen terdapat banyak tool yang dapat digunakan, ada beberapa proses BI yang digunaka diantaranya Bisnis Intelijent menggunakan Microsoft  SQL Server baik generasi tahun 2000 sampai tahun terbaru yaitu tahun sekarang, selanjutnya Bisnis intelijen menggunakan Oracle dan Bisnis Intelijen menggunakan Pentaho. Dari masing BI tersebut mempunyai kekuatan atau tingkat keamanan data yang sangat tinggi.
Didalam Bisnis Intelijent banyak dikenal mengenai SSIS yaitu SQL Server Integration Services merupakan tahapan pada SQL server integrasi data, SSAS merupakan SQL Server Analysis Services merupakan pada tahapan Analisis data yang terakhir yaitu SSRS merupakan SQL Server Reporting Services yaitu tahapan pada BI Sql Server untuk membuat laporan atau tahap pelaporan dalam Bisnis Intelijen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar