Sabtu, 22 Oktober 2011

Alur pengambilan data Bisnis Intelijen(BI)

pada dasarnya konsep perancangan BI sama dengan konsep dasar perancangan sistem penunjang keputusan yang lain,
akantetapi pembedanya adalah adanya tool dan bantuan program dalam menampilkan sebuah report untuk pengambilan keputusan.
dalam rancanganya Busssiness Inteligent mengacu pada pengambilan data dan pengolahan data tersebut, pada saat pngambilan data atau OLTP(online trasaction process), pengambilan data dari berbgai macam-macam sumber.
contoh OLTP misalnya adanya pengambilan data dari sumber sql(.sql), oracle, excell(.txt) dan juga bisa berupa .csv serta masih banyak source lain yang bisa digunakan.

di dalam proses OLTP terdapat beberapa tahahapa penyempurnaan maksudnya di proses ini ada perintah DDL dan DML yaitu memperoleh data yang bener valid yang kemudian masuk di staging ataupun bisa masuk k Datawarehousenya.
setelah prsoes OLTp selesai proses selanjutnya yaitu semua data dari source atau dari sumber di oleh dan ditampung kembai,ke staging dengan beberapa proses dan tahapan-tahapan yang pada datawarehouse yang ada di staging
didalam staging langkah selanjutnya yaitu hanya ada proses update dan beberapa perubahan pada script adapun contoh peruabahan bisa berupa update dan select saja. pada dasarnya pada saat perbaikan data yang ada di staging
semua dalam fix dan siap dipakai cuma perlu penambahan join atau lookup pada setiap tabel yang diinginkan.

setelah proses di staging selesai kemudian proses selanjutnya yaitu proses ETL(Extract Tranform Load) maksudnya penarikan data yang ada di staging ke DataWarehouse. di ETL inilah adanya proses lookup antar table satu dengan tabel yang lain.
pada saat proses lookup menggunakan bantuan dari tool Microsoft Visual studio berbagai bantuan tool digunakan disini baik untuk lookup, derived column, excute task dan masih banyak proses lain yang bisa digunakan dengan menggunakan microsoft Visual studio ini.
semua data pada Database yang sudah masuk dari source yaitu berbagai data yang ada yang ada distaging kemudian data-data tersebut dipakai sebagai dimensi atau tabel-tabel pada Datawarehouse dan measurement dipakai sebagai data facttable.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar