Selasa, 12 Juni 2012

Sebab Manusia Mempunyai Harapan


Sebab Manusia Mempunyai Harapan

Harapan atau asa adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian yang akan bebuah kebaikan diwaktu yag akan datang. Menurut kodratnya setiap manusia itu adalah mahkluk social. Setiap lahir ke dunia langsung disambut dalam pergaulan hidup. Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapa, misalnya menangis, tertawa, bergembira, dan sebagainya. Dalam diri manusia masing – masing sudah terjelema sifat, kodrat pembawa dan kemampuan untuk bergaul, hidup bermasyarakat atau hidup bersama dengan manusia lainnya. Dengan kodrat ini, maka manusia mempunyai harapan. Dorongan kebutuhan hidup sudah kodrat pula bahwa manusia mempunyai bermacam – macam kebutuhan hidup. Untuk memenuhi semua kebutuhan itu, manusia bekerja sama dengan manusia lainnya. Kelangsungan hidup (survival) untuk melangsungkan hidupnya manusia membutuhkan sandang pangan dan papan. Setiap bayi begitu lahir ke bumi menangis, ia telah diharapkan telah diberi minum / makan. Sandang semulanya hanya berupa perlindungan / keamanan. Papan yang dimaksud adalah temapt tinggal / rumah. Untuk mencukupi kebutuhan pangan, sandang, dan papan itu, maka mausia sejak kecil telah mulai belajar. Tiap orang mempunyai hak dan kewajiban. Bila seseorang telah menginjak dewasa, maka ia sudah merasa dewasa sehingga sudah saatnya mempunai harapan untuk mencintai dan dicintai. Setiap manusia membutuhkan status. Bila kita ingat dengan kehidupan itu tidak hanya I dunia saja, tapi di akhirat. Bahkan kehidupan disana lebih abadi. Maka sudah selayaknya harapan untuk hidup bahagia dikedua tempat itu sudah kita niati. Berharap agar hari esok lebih baik daripada hari inni memang hak dan kewajiban kita. Namun kita harus sadar bahwa harapan tak selamanya mejadi kenyataan
Menurut kodratnya manusia itu adalah mahluk sosial. Setiap lahir ke dunia langusung disambut dalam suatu pergaulan hidup, yakni di tengah suatu keluarga atau anggota masyarakat lainnya. Tidak ada satu manusiapun yang luput dari pergaulan hidup. Ditengah – tengah manusia lain itulah, seseorang dapat hidup dan berkembang baik fisik/jasmani maupun mental/ spiritualnya. Ada dua hal yang mendorong orang hidup bergaul dengan manusia lain, yakni dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.
• Dorongan kodrat
Kodrat ialah sifat, keadaan, atau pcmbawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia itu diciptakan oleh Tuhan. Misalnya menangis, bergembira, berpikir, berjalan, berkata, mempunyai keturunan dan sebagainya. Setiap manusia mempunyai kemampuan untuk itu semua.
Dorongan kodrat menyebabkan manusia mempunyai keinginan atau harapan, misalnya menangis, tertawa, bergembira, dan scbagainya. Seperti halnya orang yang menonton Pertunjukan lawak, mereka ingin tertawa, pelawak juga mengharapkan agar penonton tertawa terbahak-bahak. Apabila penonton tidak tertawa, harapan kedua belah pihak gagal, justru sedihlah mereka.
Kodrat juga terdapat pada binatang dan tumbuh-tumbuhan, karena binatang dan tumbuhan perlu makan, berkembang biak dan mati. Yang mirip dengan kodrat manusia ialah kodrat binatang, walau bagaimanapun juga besar sekali perbedaannya. Perbedaan antara kedua mahluk itu, ialah bahwa manusia memiliki budi dan kehendak. Budi ialah akal, kemampuan untuk memilih. Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan, sebab bila orang akan memilih, ia harus mengetahui lebih dahulu barang yang dipilihnya. Dcngan budinya manusia dapat mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang benar dan mana yang
salah, dan dengan kehendaknya manusia dapat memilih.

Source Link : http://ennynurrosniati.blogspot.com/2011/06/penyebab-manusia-mempunyai-harapan.
     http://abra139210.wordpress.com/2011/05/24/manusia-dan-harapan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar