Selasa, 03 Januari 2012

Helpdesk

just for information

pastinya kita sering mendengar helpdesk, sebenarnya apa sih helpdesk dan apa tugas dan tanggung jawab dan kuajiban seorang helpdesk. didalam sebuah perusahaan yang besarada bagian masing-masing di dalam departmentya salah satunya helpdesk masuk di department IT, Help desk merupakan team atau lapisan pertama yang harus dihubungi oleh end user atau owner bila mendapatkan suatu masalah atau bisa diartikan helpdesk merupakan divisi sasaran untuk mereka yang mendapatkan kesulitan mengenai pekerjaan yang sedang dijalankan. ada beberapa tugas pokok dan tanggung jawab pokok dari seoarng helpdesk diantarnaya yaitu
a. Mendeskrisikan permasalahan ke pada and user
   sebagai seorang helpdesk harus mampu mengambarkan kira-kira apa kesalahan atau masalah yang sedang di hadapi oleh and user sehingga mampu menyampaikan kembali kepada divisi-divisi terkait sehingga akan mendapatkan penangganan secepatnya. kemampuan helpdesk ini akan mampu mempercepat proses penyelesain problem atau masalah.
b. Mencatat, menyampaikan dan menangani permasalahan sesuai dengan SOP yang berlaku disebuah perusahaan
   hal diatas dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat proses pelaporan sehinga pesan yang disampaikan tepat adanya sesuai dengan  permasalahan yang sedang dihadapi.
c. Membuat Pelaporan/Rekapitulasi penyelesaian permasalahan
   setelah semua permasalah done(selesai dilakukan) tugas yang biasanya dilakukan oleh seorang helpdesk biasanya membuat rekapitulasi atau pelaporan dari jumlah yang sudah settled(selesai), outstanding(beban/belum dikerjakan) ataupun Rejected(tidak terselesaikan) sehingga akan mendapatkan report yang akurat untuk menunjang kegiatan perusahan.
- Menangani account pengguna
  untuk hal berikut biasanya seorang helpdesk melakukan pemantaun terhadap security dan penagmanan terhadap securty tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar