Kamis, 05 Januari 2012

Business Process Analyst

Pada dasarnya divisi IT mempunyai beberapa nama jabatan yang hampir sama akan tetapi mempunyai tugas yang berbeda-beda, seperti contoh system analys dan bussiness analys keduanya memang jalan secara bersamaan maksudnya sama-sama mengurusi kenginan owner atau user akan tetapi tugas dan wewenagnya berbeda. begitu juga dengan bussiness proscess mempunya  tugas spesifik diantaranya adalah
a. Mendokumentasikan proses-proses bisnis yang ada dan standar dokumen setiap ada proses bisnis baru maksudnya adalah melakukan penjabaran dan memperjelas kinerja proses bussiness di project yang sedang di       tangani dan melakukan pengidentifikasian setiap ada bisnis proses yang baru dan membuat skema  proses bisnisnya
b. Mengusulkan dan membakukan proses-proses bisnis yang lebih baik
   setelah proses bisnis dijabarkan dan di dokumentsikan oleh seoarang bisnis analis kemudian mencari solusi yang    terbaik dari yang proses bisnis yang ada sebelumnya apakah ada cara atau langkah bisnis proses lain yang lebih     efiktif dan efisien untuk di terapkan di perusahaan.
c. Melakukan change management  seperti sosialisasi, training dan lain sebagainya
   hal ini diperlukan untuk memantapkan sistem yang sedang akan dijalankan dapat berfungsi secara maksimal makanya    diperlukan training dan sosialisasi dari program atau aplikasi dan bisnis proses dari program atau aplikasi    tersebut. ini juga dimaksudkan agar tidak adanya ketidak tahuan operator atau user tentang sistem yang baru    akan di migrasi.
     
d. Memonitor pelaksanaan proses-proses bisnis tsb
   setelah proses bisnis berjalan dan dipakai di sebuah perusahaan perlu adanya pemantaun dari bisnis proses    tersebut apakah sudah berjalan sebagai mana mestinya atau belum, dalam pemantaunya biasanya meliputi    jobschedule atau exec program yang sedang berjalan apabila tidak ada masalah maka program dari bisnis proses    tersebut bisa di gunakan dan layak pakai.

Business Process Analyst berkuajiban memberikan report kepada Kepala sub-bagian Sistem Informasi untuk dijadikan report per kuartal, semester atau tahunan. Demikian semoga bermanfaat terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar